Rabu, 28 November 2012

Cerpen Anak


Yaaahhh.. Telat Sahur..

Bulan ramadhan tahun ini Rosa gadis kecil berumur 10 tahun duduk di kelas 5 Sekolah Dasar(SD), bundanya dan yang lain setelah salat terawih menutupnya dengan tadarus al’quran bergantian di masjid, karena malam semakin larut rasa ngantuk pun mulai terasa..
Setelah tadarus selesai..
Rosa berkata kepada ibunya “hoaaaaammmm(Rosa menguap).. Rosa ngantuk nih bunda”. Bunda menjawab “Ya sudah yuk kita pulang..”.
“yuk bun, tapi tunggu ayah dulu di depan mesjid”, bunda berkata “ Ya sudah tapi kasian kamu nak sudah terlihat sangat ngantuk” .
Tak lama kemudian ayah keluar mesjid, Rosa memanggil ayahnya “ayaahhh.. yuk kita pulang..”, ayah menjawab “ yuk, kamu sudah ngantuk ya nak..”.
Setelah Rosa dan keluarganya sampai rumah, tak seperti biasanya Rosa lupa untuk menggosok giginya, Rosa langsung ke kamarnya yang berada diatas.
Bunda memanggil Rosa “Rosa kamu jangan lupa nyalakan alarm di jam weeker mu ya..”. Rosa menjawab dengan mata yang sangat mengantuk “baik bunda..”.
 Rosa yang sangat mengantuk tak biasanya Rosa lupa tidak menyalakan alarm di jam weekernya untuk membangunkannya sahur nanti, karena dia langsung terlelap tidur.
Waktu sahur telah tiba, Bunda keatas menuju kamar Rosa.
“tok..tok..tok..” (suara ketukan pintu)
“Rosa.. Rosa.. Rosa bangun... waktunya sahur” bunda memanggil.
Namun Rosa tak bangun juga, karena tidurnya yang sangaaaaattt nyenyak..
Ibundanya dan ayahnya menunggu di meja makan, karena lama menunggu rosa, beberapa menit kemudian ibunda Rosa kembali membangunkan Rosa.
“ROSA, AYO BANGUN SEBENTAR LAGI IMSAK” Bunda memanggil rosa dengan suara keras.
Karena mendengar suara ibundanya yang sangat keras Rosa langsung terbangun dari tidurnya dan terburu-buru kebawah menuju meja makan.
“astagfirullah al’azim, jam 4.00, aku lupa mengaktifkan alarm, YAAHHH.. TELAT SAHUR DEH ”.
Bunda rosa menjawab “ ya sudah sekarang ayo cepat sahur sebelum imsak, bunda sama ayah sudah menunggu kamu dari tadi”
“Maaf ayah, bunda, gara-gara rosa telat bangun, ayah sama bunda jadi telat sahur karena menunggu rosa”.
Ayah menjawab,“ iya, tidak apa-apa, yuk, sekarang kita sahur.. ^_^”
“makasih ayah, bunda”
Ayah dan bunda “iya, sayang.. “
Setelah selesai sahur..
Bunda mengingatkan “ rosa, jangan lupa niat sahurnya dibaca ya”
“iya bunda” jawab rosa.
Waktu sahur tak lama habis, adzan waktu subuh pun tiba, lalu ayah, bunda dan juga rosa mengambil wudhu.
ayah memanggil “ rosa, ayo cepat wudhu, kita salat subuh berjamah”
rosa menjawab “ ok, ayah”
setelah adzan subuh selesai, keluarga Rosa pun salat berjamaah. Ayah mengumandangkan takbir, Setelah salat berjamaah, Rosa kembali ke kamarnya, terpikir dalam benak rosa.
“ayah dan bunda begitu sabar walaupun mereka rela telat sahur karena menunggu aku bangun, sebenarnya mereka bisa saja sahur duluan tanpa aku, tapi orang tuaku tidak seperti itu kepadaku, ku sadar, betapa sayangnya dan rela orangtua untuk aku, aku bertekad mulai besok aku tidak akan telat sahur lagi, dan kalau bisa aku yang membangunkan ayah dan bunda sahur.. ^_^”

by : Rosmalinda Amaliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar