PENDAHULUAN
Komputer adalah serangkaian ataupun
sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen
yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi
dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian
pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang
diberikan kepadanya.
Pemrosesan komputer
merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa
saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan
perintah user.
TEORI DAN ANALISIS
I.
TEORI
Arsitektur
Komputer
Dalam bidang teknik
komputer, arsitektur komputer
adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan
dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana
CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
A.
Peralatan Input
Perangkat
input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer
untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan
maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang dimasukan kedalam
sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah
program yang
digunakan untuk mengolah data input sinyal.Contoh-contoh dari perangkat
input :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Joy Stick
4. Trackball
5. Voice Recognition
6. Kamera
7. Scanner
8.Touchscreen
B.
Pemrosesan
pusat dan penyimpanan sekunder
Penyimpanan Primer
Biasanya
disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :
Penyimpanan
Sekunder
·Pita
Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·Hard Disk : Removable dan Non removable
·Floppy Disk
·Piringan Optik : CD, DVD
·Hard Disk : Removable dan Non removable
·Floppy Disk
·Piringan Optik : CD, DVD
·USB
Flash Disk
·Smart Card
·Smart Card
·Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
·RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
·Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
·RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
·Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
C.
Peralatan
Output
Peralatan
Output Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan
keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan
output dapat berupa:
·
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada
media keras seperti kertas atau film.
·
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang berupa sinyal elektronik.
·
Drive device atau driver,
yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat
dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini
berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Contoh dari perangkat Output :
1. Printer
2. Monitor
3. Infokus
Contoh dari perangkat Output :
1. Printer
2. Monitor
3. Infokus
Software
Perangkat lunak terbagi menjadi dua yaitu:
Ø Sistem
Operasi
Sistem operasi
(bahasa Inggris: operating
system ; OS)
adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat
keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat
lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak
sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat
menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi
boot diri.Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem
umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar yaitu:1.
Keluarga Microsoft Windows- yang antara lain terdiri dari Windows Desktop
Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan
Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000,
Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7
(Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada
tahun 2012 atau lebih lambat)).2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka
sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution),
GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan
nama Darwin) dan
GNU/Hurd.3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang
biasa disebut Mac
atau Macintosh. Sistem
operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran
versi 10.7 (Lion).Sedangkan
komputer Mainframe, dan Super
komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda,
umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh
vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
Ø Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak
sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara
langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang
menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah
kata, lembar kerja, dan pemutar media.
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE
DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
II.
ANALISIS
Pemrosesan dalam sebuah komputer terdapat komponen-komponen yang saling mendukung dan saling
membutuhkan satu sama lain, sehingga komputer tidak akan dapat berfungsi dengan
normal jika ada komponen yang tidak terpenuhi, baik itu dari sisi perangkat
keras, lunak, ataupun pengguna. jadi perangkat keras, lunak, dan pengguna
adalah sebuah kesatuan yang menjadi sistem sehingga komputer dapat memproses
informasi dan data.
REFERENSI
http://zaidarrosyid.blogspot.com/2011/11/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar